Kafein Menjadi Salah satu Penyebab Kemandulan pada Wanita.

Untuk para wanita penikmat kopi, mulai saat ini anda harus waspada terhadap kopi karena efek kafein pada kopi bisa mengganggu kesuburan Anda. Hasil penelitian yang diterbitkan British Journal of Farmakologi, kafein dapat mengganggu kesuburan wanita dengan cara mengurangi aktivitas otot-otot di saluran tuba yang membawa sel telur dari indung ke rahim.

Menurut Sean Ward, peneliti dari University of Nevada School of Medicine, kafein dapat menjadikan otot-otot di tuba menjadi rilex dan ini menghambat kontraksi di tuba falopi yang membuat sel telur gagal diangkut. “Jika sel selur tidak bisa dibawa ke rahim, seorang wanita akan memiliki  risiko ketidakberhasilan dalam kehamilan. Atau, dia akan berisiko mendapatkan kehamilan ectopic, yaitu embrio macet dan berkembang di tuba falopi,” ujar Ward, sebagaimana dikutip Myhealthdaily

Ward menambahkan, kafein yang bisa merusak kesuburan pada wanita tidak hanya terbatas pada kafein yang terkandung pada kopi, melainkan unsur kafein pada umumnya. Namun, masih perlu penelitian lanjut untuk mengetahui seberapa besar dosis kafein yang bisa merusak kesuburan manusia tersebut.

“Itu tergantung pada seberapa lama kafein mempengaruhi Anda, dan kemudian juga efek hilirnya yang merupakan proses tubuh terpengaruh oleh efek kafein dalam tubuh,” ujar Sean Ward.(kb/Myhealthdaily)

Powered by Blogger.