Telitilah, 5 Makanan Made In China Ini Sebaiknya Jangan Anda Makan


Ada yang berseloroh, semua yang ada di dunia ini adalah ciptaan Tuhan, sisanya buatan China. Ya, banyak produk berlabel made in China, mulai dari jarum hingga bumbu dapur.

Masih ingat dengan kabar beras palsu dari China? Ya, beberapa waktu lalu banyak informasi tersebar di media tentang beredarnya beras plastik buatan China. Di beberapa daerah memang ditemukan adanya beras yang dari bentuk dan teksturnya tidak lazim. Mengkonsumsi beras buatan yang diduga mengandung campuran plastik tersebut memiliki konsekuensi berat.

Tapi ternyata tidak hanya beras tiruan yang perlu diwaspadai, banyak produk made in China lain yang dikategorikan berbahaya jika dikonsumsi. Beberapa diantaranya adalah:

1. Ikan Nila
Ikan Nila atau lebih dikenal juga Tilapia ternyata bisa memperparah peradangan. Penelitian terbaru telah menyimpulkan bahwa makan ikan nila dapat memperburuk peradangan dan dapat menyebabkan penyakit jantung, arthritis, dan asma. Terlebih ikan nila impor dari China, di sana ikan tilapia ini dipelihara dalam air limbah yang mengandung beragam zat kimia berbahaya.

2. Buah Apel
Lebih dari 35% apel di Asia dan Eropa berasal Dari China. China dikenal sebagai penghasil apel yang menggunakan pestisida yang berlebihan dalam pertaniannya, namun pada label kemasan maupun izin impornya tidak ditulis keterangan menggunakan pestisida.

3. Bawang Putih Cina
Ada bawang putih yang sebaiknya tidak dikonsumsi dan itu berasal dari Cina. Biasanya, ciri fisik bawang putih dari China ini memiliki bercak ungu atau trotol disebabkan oleh jamur Alternaria porri (Ell). Dari segi rasa, bawang putih dari China terasa lebih hambar. Sepertipada umumnya, hasil pertanian China sangat diragukan kesehatannya dikarenakan penggunaan pestisida yang berlebihan

4. Lumpur (dijual sebagai lada hitam palsu)
Sekali-kali coba perhatikan lada hitam yang anda beli, jika mendapati ada butiran-butiran lada yang berbeda warna dan bentuknya sebaiknya anda periksa lebih lanjut. Kemungkinan lada yang anda beli adalah oplosan lada tiruan dari china yang dibuat dari lumpur yang dibentuk dan dikeringkan.

5. Bihun
Ada bihun tanpa merek yang dijual di pasaran yang berasal dari China. Bahan dasarnya hampir sama dengan beras buatan yang mengandung bahan plastik yang mengandung Bisphenol-A (BPA) dan resin epoksifenolat.

Jika tertelan akan mengakibatkan adanya resiko kerusakan pada sistem pencernaan hingga kerusakan hormon tubuh. Dari segi bentuk bihun ini sedikit pipih, teksturnya lebih alot dan tidak lembek walau direbus dalam waktu lama.

Saat ini proses impor produk dari China semakin mudah dan ditambah dengan regulasi ekspor impor yang tidak terlalu ketat terutama dari negri tirai bambu tersebut, sungguh merupakan sebuah kekhawatiran. Telitilah sebelum membeli.

Powered by Blogger.