Bisa Sebabkan Kanker, Cokelat Ini Dilarang Di Luar Negeri Namun Di Indonesia Tetap Dijual


Saat mampir di Minimarket, anak saya sempat minta dibelikan sejenis coklat, namanya Kinderjoy. Saya pernah dengar bahwa produk ini dilarang beredar di beberapa negara kaya Amerika, Kanada,  Jerman, Perancis, dan beberapa negara lain di Eropa.

Si Kinderjoy ini lumayan mahal untuk ukuran kecil begitu, hampir 14 ribu rupiah sebutir telurnya. Dalamnya ada dua bagian, satu bagian itu berisi coklat dengan lumeran krimer putih dan di tengahnya ada dua bola coklat sebentuk kaya Ferrero Roche cuma agak lebih kecil sedikit. Di bagian satunya terdapat bagian'' mainan kecil terbuat dari plastik, dengan kertas petunjuk (yang juga berukuran kecil). Di dalamnya juga ada sendok plastik mini warna putih di bagian tengah.

Kinderjoy dijual dengan nama berbeda-beda di beberapa negara. Ada yang bilang Kinder Surprise, Kinder Sorpresa (Italia). Di Amerika, si coklat ini ilegal lho karena berpotensi menyebabkan kematian. Terang saja, mainannya itu kecil-kecil, kalo misalkan anak nggak sengaja menelan satu bagian aja terus tersedak dan menyangkut, wah bahaya berat itu mah. Tahun 2000 lalu di Inggris, tiga anak dari orangtua yang sama meninggal karena menelan mainan si telur ini.

Di Eropa, mainan'' Kinderjoy ini jadi barang koleksi, karena dari satu tipe mainan ada beberapa figur atau jenisnya. Seperti mainan yang kita dapat kalo beli Happy Meal di McD, cuma kan memang ukurannya lebih besar. Alasan utama kenapa Kinderjoy ini ilegal itu karena si coklat ini kan sebenernya makanan, terus di dalam telur coklatnya ada mainan yang terbuat dari plastik yang belum jelas keamanan kandungan kimianya. Selain itu, Kinderjoy dianggap sebagai jenis makanan yang tidak memiliki nutrisi dan kandungan gulanya sangat tinggi.

Badan pengawas makanan Amerika (FDA) mengatakan bahwa Kinder Joy mengandung Lilin sama seperti yang ada dalam sebuah Sterofoam. Kandungan Lilin inilah yang SANGAT berbahaya menyebabkan Kanker. Cukup mengerikan bukan?

Selain itu, produk makanan coklat "Kinder Joy" yang didalamnya terdapat mainan plastik ini dianggap akan membahayakan anak-anak. Lembaga Imigrasi Amerika Serikat mengungkapkan, anak-anak bisa menjadi korban dari jajanan yang satu ini. Selama 2011, lembaga telah menyita 60.000 buah Kinder Egg.

Anehnya banyak sekali yang menyayangkan larangan beredarnya produk ini, karena banyak yang suka dengan rasanya yang memang mirip dengan coklat premium Ferrero Roche dengan tambahan coklat putih. Pantes aja mahal ya...

Selebihnya, terserah orangtua mau membolehkan anak-anaknya makan produk ini atau tidak. Silakan sebarkan info ini agar para orang tua menjadi waspada. []

Powered by Blogger.